Sejarah

by | Dec 13, 2019

Cikal bakal The New STT Bethel The Way dimulai dengan didirikannya Bethany Bible College (BBC) yang merupakan Program Studi Teologi Diploma 2 (D2) di Jakarta pada tahun 1998 oleh GBI Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta (saat itu masih bernama GBI Bethany) di bawah naungan dan pembinaan – Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo.

Pendirian BBC dilatarbelakangi oleh suatu kerinduan untuk mempersiapkan para pelayan Tuhan/pengerja agar dapat melayani lebih baik dengan cara memperlengkapi mereka dengan pendidikan akademik di bidang Teologi. Lokasi BBC yang pertama berada di Gedung Linggarjati, Jakarta Timur dimana pada saat itu belum memiliki ijin dari Departemen Agama/Dirjen Bimas Kristen sebagai lembaga yang menaungi Sekolah Teologi. Awal pertama BBC menerima 30 mahasiswa yang kuliah – di mana sebagai Ketua BBC saat itu ditetapkan Dr. Eric Pittser – seorang Hamba Tuhan dari Amerika.

Pada tahun 1999 Dr. Eric Pittser meninggal dunia dan posisi Ketua digantikan oleh Pdp. Jerry Lubis sampai dengan tahun 2002. Adanya mutasi pelayanan menyebabkan posisi Ketua kemudian digantikan lagi oleh Pdp. Abraham Lalamentik. Pada tahun 2002 BBC yang tadinya berada di bawah pengarahan Departemen Misi – Pdt. Ir. Djohan Handojo, dialihkan menjadi di bawah naungan Departemen Pengajaran yang diketuai oleh Pdt. Danny Tumiwa, SH. Tahun 2003 lokasi BBC dipindahkan dari Gedung Linggarjati ke Gedung Panin Bank di Jl. Pecenongan, Jakarta dengan meningkatkan program pendidikan dari Diploma 2 ke Program Sarjana Teologi (S.Th) yang disahkan dengan surat dari Dirjen Bimas Kristen. Hal ini sekaligus membuat perubahan nama dari BBC menjadi Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way. Saat itu langsung dibuka juga kelas reguler malam untuk program Sarjana.

Tahun 2004 terjadi lagi perubahan posisi Ketua dari Pdp. Abraham Lalamentik digantikan oleh Pdp. Jaliaman Sinaga. Demikian juga pada tahun 2006 Ketua STT Bethel The Way digantikan oleh Pdp. Dr. Aruna Wirjolukito. Dalam perkembangannya di awal tahun 2007, Pdp. Dr. Aruna tidak lagi menjadi Ketua Pelaksana Harian dan digantikan oleh Pdp. Samuel Phang. Pada saat itu program pendidikan dikembangkan dengan membuka kuliah dengan modul e-learning (berbasis internet) juga Kuliah Korespondensi (berbasis studi mandiri belajar di rumah seperti Universitas Terbuka). Pada tahun 2008 STT Bethel The Way membuka program Magister Artium dengan gelar Magister of Artium, dimana Direktur Pascasarjana dijabat oleh Andreas Eko Nugroho M.Th. Program ini terus berjalan sehingga di tahun 2011 membuka Program Magister Teologi dengan gelar M.Th., dilanjutkan pada tahun 2013 membuka Program Doktor Teologi dengan gelar D.Th. Juga membuka beberapa kelas di Tanjung Pinang, Batam, Depok, Bogor, Lippo Cikarang, Bekasi untuk program Sarjana maupun Magister. Tahun 2013 Program Studi Sarjana Teologi STT Bethel The Way mendapatkan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahun 2014 STT Bethel The Way membuka Prodi Sarjana Musik Gereja sebagai pengembangan Program Studi Sarjana.

Pada awal tahun 2015 terjadi perubahan kepemimpinan kembali di STT Bethel The Way dimana sebagai Ketua ditunjuk Pdt. Billy Njotorahardjo, M.Th. dan Dr. Harry Sudharma sebagai Ketua Pelaksana Harian yang menjalankannya. Pada tahun 2015 – kecuali program Sarjana – semua program pascasarjana untuk sementara ditinjau ulang dan tidak diaktifkan, begitu juga dengan beberapa program lain dan kelas di beberapa kota. Pada bulan Maret tahun 2017 Ketua STT Bethel The Way dipercayakan kepada Pdt. Drs. Budi Sastradiputra, M.Th. dimana pada tahun yang sama dilakukan perubahan VISI dan MISI secara mendasar sehingga perlu dilakukan juga perubahan penyebutan nama menjadi The New STT Bethel The Way. Perubahan Visi dan Misi yang mendasar ialah menjadikan DNA Gereja Induk GBI Jl.Jend.Gatot Subroto, Jakarta – Restorasi Pondok Daud – sebagai Visi Utama bagi The New STT Bethel The Way. Sejak perubahan penyebutan nama menjadi The New STT Bethel The Way, Program Sarjana dan Magister Teologi kelas malam dibuka kembali.

Program Studi Sarjana Teologi mendapatkan reakreditasi BAN-PT pada bulan Juli 2018 dan Magister Teologi serta Program Studi Musik Gereja mendapatkan akreditasi BAN-PT pada bulan Juni dan Juli 2019.

Motto The New STT Bethel The Way: “THE WAY TO REACH YOUR DESTINATION”!